Posted by : wiwin Friday 27 February 2015



Akhirnya punya kesempatan lagi nih ngebahas Kali Linux. Kali ini ane akan ngebahas bagaimana memanfaatkan fasilitas Cloned MAC yang terdapat pada Kali Linux. Sebelumnya mungkin beberapa dari agan belum tau apa itu MAC address, atau mungkin pernah denger tapi lupa artinya, atau ada yang pura-pura lupa padahal tau ehh.

MAC address merupakan alamat fisik sebuah kartu jaringan karena alamat ini tersimpan di dalam fisik kartu jaringan. Baik LAN Card maupun Wireless Card sama-sama mempunyai MAC address. Berbeda dengan IP address, MAC address sendiri tidak bisa dirubah karena tetap berada di dalam kartu jaringan secara permanen. MAC address dibuat oleh pabrik yang membuat kartu jaringan tersebut berdasarkan aturan-aturan tertentu sehingga alamat ini tidak bentrok baik dalam pabrik yang sama maupun pabrik yang berbeda. MAC address adalah unik dan berbeda-beda untuk setiap kartu jaringan yang ada di dunia ini.
Nah biar lebih tau apa itu MAC address, mari kita cek. Gunakan perintah ifconfig.

mac address


Pada gambar di atas sengaja saya samarkan, sebagai privasi aja gan :D 

HWaddr menunjukan MAC address dari kartu jaringan yang terpasang. Baik LAN Card maupun Wireless Card mempunyai MAC address. MAC address bisa dibagi menjadi 2 bagian, 6 byte hexa untuk kode pabrik pembuat dan 6 byte hexa yang diberikan oleh pabrik pembuat. Missal MAC address agan adalah 00:90:f5:a2:c0:9d jadi, 00:90:f5 merupakan kode pabrik dan a2:c0:9d merupakan kode yang diberikan oleh pabrik pembuat.

MAC address memang tidak bisa dirubah, tetapi kita bisa menipu Sistem Operasi yang menggunakannya. Sistem Operasi akan membaca alamat fisik dari MAC, menyimpannya dan menggunakan alamat yang disimpan ini untuk setiap komunikasi yang dilakukan. Jadi alamat fisik kartu tidak dibaca tiap kali dibutuhkan namun hanya saat konfigurasi dilakukan. Selanjutnya Sistem Operasi akan mengambil alamat hardware dari informasi yang telah disimpan oleh Sistem Operasi ini.

Jadi, MAC address dapat dirubah secara software namun tidak secara hardware. Perubahan ini tidak benar-benar ditulis kedalam kartu jaringan karena secara fisik memang MAC Address tidaklah berubah namun Sistem Operasi akan menggunakan informasi yang telah disimpan.

Perubahan ini dapat dengan mudah agan lakukan karena tidak memerlukan software khusus. Cukup menggunakan fasilitas yang telah disediakan Kali Linux. Dapat diakses melalui menu yang sama seperti kita konfigurasi IP address, yaitu Application – System Tools – Preferences – Network Connections

memalsukan mac address


Untuk koneksi kabel, klik tab Wired. Pilih koneksi yang tersedia kemudian klik menu Edit.


memalsukan mac address

Pada bagian Cloned MAC address, agan bisa merubah MAC address sesuai yang diinginkan.

memalsukan mac address


Untuk koneksi wireless agan bisa melakukan hal yang sama dengan memilih tab Wireless.

 
memalsukan mac address

memalsukan mac address




Oke, sekian dulu tutorial ane gan… Sampai jumpa di tutor berikulnya.. :D               

{ 2 comments... read them below or Comment }

- Copyright © NewBie Note - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -