Posted by : wiwin Sunday 15 February 2015



DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) merupakan sebuah protocol jaringan yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam suatu jaringan. Jadi semua client yang terhubung ke server tidak usah mengisi alamat IP secara manual karena sudah otomatis diisi oleh server DHCP. Selain alamat IP, banyak parameter lain yang diberikan oleh DHCP, seperti default gateway dan DNS server.

dhcp server


DHCP digunakan karena jaringan semakin besar dan semakin kompleks sehingga butuh konfigurasi yang dinamis. Selain itu kita tidak perlu konfigurasi IP di tiap komputer client atau istilahnya tidak perlu manual konfigurasi di client, sehingga pengiriman informasi dapat dilakukan tanpa admin. Host-host yang terkonfigurasi secara statis bisa berdampingan dengan yang dinamis.

dhcp server

dhcp server


Prinsip Kerja DHCP Server


dhcp server

  • Ketika host pertama kali dikonfigurasikan sebagai DHCP Client, host tersebut belum mempunyai IP Address, subnet mask dan default gateway. Host tersebut mendapatkan informasi tersebut dari DHCP server yang berada di jaringan lokal maupun berlokasi di ISP. DHCP server dikonfigurasikan dengan range atau pool dari IP address tertentu yang bisa diberikan ke DHCP Client.

  • Ketika client memerlukan sebuah IP Address, maka akan mengirimkan pesan DHCP Discover yang dibroadcast dengan destinasi IP Address dari 255.255.255.255 dan tujuan MAC address dari FF-FF-FF-FF-FF-FF. Semua host dalam jaringan akan menerima broadcast DHCP frame ini, tetapi hanya DHCP server yang akan membalasnya. Server akan merespon dengan sebuah DHCP offer, menyarankan IP address untuk client tersebut. Host kemudian mengirimkan DHCP Request  ke server untuk menanyakan apakah IP address yang disarankan tadi dapat digunakan. Server kemudian menanggapi dengan DHCP Acknowledgment.





Referensi:
DHCP Server Debian Squeeze oleh Siyamta (www.academia.edu)

{ 2 comments... read them below or Comment }

- Copyright © NewBie Note - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -