Posted by : wiwin Wednesday 5 March 2014

Mungkin beberapa dari temen-temen udah tau yang namanya Kali Linux, atau mungkin belum tau sama sekali. Oke-oke akan saya jelaskan sedikit. Kali Linux merupakan hasil perombakan total dari Backtrack. Mungkin temen-temem udah tau apa itu Backtrack. Bactrack hanya sampai pada versi 5 saja dan untuk seterusnya para developer Bactrack mengganti namanya menjadi Kali Linux. Nah, mengapa diganti nama? Saya juga kurang tau, mungkin biar lebih greget aja. Heheee.. *just kidding.


Requirement Hardware yang diperlukan

  • Minimal 10 GB space harddisk untuk installasi.
  • Untuk Arsitektur i386 dan amd64, minimal RAM yang diperlukan 512 MB
  • Support dengan CD-DVD Drive dan USB boot.
 

Perbedaan Bactrack dengan Kali Linux

Berbeda dengan Bactrack yang base-nya menggunakan Ubuntu 10.04 (Lucid Lynx), untuk Kali Linux sendiri base-nya menggunakan Debian Wheezy.  Maka repository-nya telah sinkron dengan repository Debian. Jika Debian mengupdate package-nya, jadi otomatis Kali Linux juga mengupdate package-nya. Jika temen-temen menginstall beberapa aplikasi melalui repository Debian juga bisa koq. Misalkan ingin mengupdate versi Iceweasel yang ada di Kali Linux, caranya sama dengan Debian, repository yang digunakan pun sama dengan Debian Wheezy. Jadi patokannya Debian Wheezy aja guys. Kali Linux akan sinkron dengan Debian 4 kali sehari.
Tapi jangan khawatir, dibalik perbedaan itu Kali Linux sudah mengadopsi semua tools yang ada di Bactrack koq.

DE (Desktop Environment) yang fleksibel

Secara default Kali Linux menggunakan Gnome untuk DE-nya.Tapi, kita juga dapat merubahnya sesuai dengan keinginan. Misalkan menggunakan KDE, LXDE, XFCE, dll.

FHS Compliant System

Kali Linux sudah mendukung FHS Compliant System. Nah, apakah itu? Misalkan kita ingin mejalankan suatu aplikasi tidak perlu lagi melalui direktori asal. Contoh : Jika pada Backtrack untuk menjalankan sqlmap kita harus menuju direktori sql map terlebih dahulu dengan mengetikan perintah "cd /pentest/database/sqlmap" lalu eksekusi sqlmap denga perintah "./sqlmap"
Sedangkan di Kali Linux tidak perlu lagi masuk ke direktori sqlmap karena sudah mendukung FHS Compliant System.

Tertarik menginstall Kali Linux?
Website resmi : http://www.kali.org/
Bisa download iso-nya di : http://www.kali.org/downloads/
Panduan berbahasa Indonesia : http://id.docs.kali.org/
Forum : http://forums.kali.org/
Lapor bug : http://bugs.kali.org/
Git Repository : http://git.kali.org/

{ 3 comments... read them below or Comment }

  1. wah saya baru tau kalau Kali Linux itu pengembangan dari backtrack, lalu kira2 kali linux sekarang yang terbaru versi berapa ya ?

    terima kasih atas infonya.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Berbagi Pengetahuan, terima kasih telah mengunjungi blog ane. Untuk mengetahui versi terbaru dari Kali Linux silahkan agan mengunjungi situs resminya ya http://www.kali.org/

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

- Copyright © NewBie Note - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -