Posted by : wiwin Tuesday 28 July 2015



web server
Web server adalah sebuah software yang berfungsi menerima permintaan HTTP/HTTPS dari client/browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk dokumen html. Web server menjadi tulang belakang dari www (world wide web). Web server menunggu permintaan dari client yang menggunakan browser. Jika ada permintaan dari browser, maka web server akan memproses permintaan tersebut kemudian memberikan hasil proses berupa data yang diinginkan kembali ke browser. Format data yang dimiliki data ini bersifat standar yang disebut dengan SGML (Standar General Markup Language). Data yang berupa format ini kemudian akan ditampilkan oleh browser sesuai dengan kemampuan browser tersebut. Contohnya jika data yang dikirimkan berupa gambar, browser yang hanya mampu menampilkan teks misalnya lynx tidak akan mampu menampilkan data tersebut dan jika ada hanya akan menampilkan alternatifnya saja.

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) merupakan protokol yag digunakan oleh web server dalam berkomunikasi dengan client-nya. Dengan protokol ini komunikasi antar web server dapat dengan mudah saling dimengerti. Seperti telah dijelaskan di atas, format data pada world wide web adalah SGML. Tapi para pengguna internet saat ini lebih senang menggunakan format HTML (Hypertext Markup Language Program) karena lebih mudah dipelajari serta penggunaannya lebih sederhana. Hypertext artinya bahwa seorang pengguna internet dengan web browser-nya dapat membuka dan membaca dokumen-dokumen yang ada dalam komputernya atau bahkan dari tempat yang jauh sekalipun. Sehingga pengguna internet dapat membaca dari satu dokumen ke dokumen lainnya hanya dengan mengklik beberapa bagian dari halaman dokumen web tersebut.

Proses yang dimulai dari permintaan client, diterima web server, diproses dan dikembalikan hasil prosesnya oleh web server ke web client dilakukan secara transparan. Setiap orang dapat dengan mudah mengetahui dengan mudah apa yang terjadi pada tiap-tiap prosesnya.

WEB SERVER APACHE

Apache merupakan web server yang paling banyak digunakan di internet. Pertama kali didesain untuk lingkungan UNIX. Namun, beberapa versi berikutnya Apache dapat dijalankan di Windows. Apache mempunyai program pendukung yang cukup banyak, diantaranya :
1. Kontrol Akses
Kontrol ini dapat dijalankan berdasarkan nama host atau nomor IP

2. CGI (Common Gateway Interface)
Yang paling terkenal untuk digunakan adalah perl (Practical Extraction and Report Language), didukung oleh Apache dengan menempatkannya sebagai modul.

3. PHP (Personal Home Page/PHP Hypertext Preprocessor)
Program yang bekerja di sisi server. Apache mendukung PHP dengan menempatkannya sebagai modulnya.

4. SSI


Kelebihan Apache :


  • - Apache termasuk dalam kategori freeware
  • - Mudah dalam proses installasi jika dibandingkan dengan web server lainnya seperti NCSA, IIS,dll.
  • - Mampu beroperasi dalam berbagai platform sistem operasi.
  • - Mudah mengatur konfigurasinya. Apache mempunyai hanya 4 file konfigurasi.
  • - Mudah dalam penambahan peripheral lainya ke dalam platform web server.
  •  

Ciri Khas dari web server Apache :


  • - Dapat dijadikan pengganti bagi NCSA Web server.
  • - Perbaikan terhadap kerusakan dan error NCSA 1.3 dan 1.4
  • - Merespon web client sangat cepat melebihi NCSA.
  • - Mampu dikompilasi sesuai dengan spesifikasi HTTP yang sekarang.
  • - Kita dapat menetapkan respon error yang akan dikirim web server dengan menggunakan file atau skrip
  • - Server Apache dapat otomatis berkomunikasi dengan clientnya untuk menampilkan tampilan terbaik pada browser client. Secara otomatis menjalankan file index.html sebagai halaman utama untuk ditampilkan otomatis pada browser client.
  • - Mempunyai level-level pengamanan.
  • - Mempunyai komponen dasar terbanyak di antara web server lain.
  • - Performasi dan konsumsi daya yang tidak terlalu banyak, hanya sekitar 20 MB untuk file-file dasarnya dan setiap daemonya hanya memerlukan sekitar 950 KB memory per child

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © NewBie Note - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -