Posted by : wiwin Saturday 18 July 2015



mail server
Gambar 1. E-mail
E-mail (Electonic Mail) atau surat elektronik adalah pengiriman surat yang sama hal-nya seperti pengiriman surat melalui kantor pos atau melalui jasa pengiriman surat atau barang, hanya saja pengiriman E-mail dilakukan melalui perangkat elektronik seperti komputer, laptop, HP/Smartphone. Pengiriman dan penerimaan E-mail melibatkan 2 protokol yakni SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) dan POP3 (Post Office Protocol version 3). Protokol SMTP bertugas untuk proses pengiriman E-mail sedangkan protokol POP3 bertugas untuk proses penerimaan E-mail.


CARA KERJA E-MAIL

email
Gambar 2. Cara Kerja Email

 

Diasumsikan bahwa kita akan mengirimkan E-mail ke teman kita yang berada di perusahaan lain (fadli@kawan.org). Berikut proses pengiriman E-mail di atas :
Suatu client yang akan melakukan koneksi ke SMTP server di mail.debianindonesia.org menggunakan port 25 (port SMTP). Client melakukan percakapan dengan SMTP server tentang alamat E-mail dari pengirim, alamat tujuan serta isi dari email tersebut. SMTP server akan mengambil alamat E-mail “To” tujuan dan memecah menjadi :
Nama pemilik : fadli
Nama domain : kawan.org
Jika user tujuan merupakan user lain yang masih berada di domain yang sama yaitu debianindonesia.org, maka SMTP server akan memberikan E-mail tersebut ke POP3 server di debianindonesia.org. Untuk kasus di atas E-mail tujuan tidak berada pada domain yang sama, maka SMTP server akan berkomunikasi terlebih dahulu dengan domain tujuan.
SMTP server akan berkomunikasi dengan domain tujuan dan meminta IP Address dari domain tersebut yakni, kawan.org.
Domain tujuan akan me-reply dengan sebuah alamat SMTP server tujuan.
SMTP server debianindonesia.org melakukan koneksi ke SMTP server kawan.org menggunakan port 25.
Selanjutnya E-mail tersebut akan diserahkan ke POP3 server menggunakan port 110 (port POP3) yang terdapat pada domain tersebut. Selama user fadli berstatus offline, maka E-mail yang tertuju kepadanya akan tetap tersimpan di POP3 server sampai user fadli mengakses MUA (Mail User Agent)



Untuk membangun mail server dapat menggunakan beberapa komponen berikut :
> MTA (Mail Transfer Agent) : postfix, qmail, sendmail
> POP3/IMAP server : dovecot, couirier, UW-IMAP.
> Webmail : squirrelmail 
 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © NewBie Note - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -