Posted by : wiwin Tuesday 9 December 2014



Channel identik dengan frekuensi yang digunakan. Demi mempermudah settingan digunakanlah settingan Channel yang non-overlapping. Jumlah Channel tergantung dari masing-masing Negara.
Overlapping dapat diartikan sebagai suatu keadaan di mana channel wireless yang dipakai saling tumpang tindih. Pembahasan overlapping erat kaitannya dengan unlicensed frekuensi 2.4 GHz. Band 2.4 GHz untuk protocol 802.11b adalah frekuensi yang tidak memerlukan lisensi, jadi kita bisa pakai dalam range frekuensi tertentu tanpa membayar alias gratis (Unlicensed Frequency). Protocol 802.11b banyak digunakan oleh pengguna wifi karena tidak perlu membayar biaya lisensi untuk menggunakan frekuensi ini. Akibatnya saking banyaknya pengguna protokol ini, sering terjadi frekuensi/channel yang saling tumpang tindih (overlapping). Ditambah dengan kuat-kuatan power.
Ilustrasinya dengan melihat alokasi frekuensi tiap-tiap channel bahwa setiap channel memiliki lebar pita 22 MHz dan lebar frekuensi protocol 802.11b sekitar 83.5 MHz. Angka ini didapat dari 2.4835 GHz minus 2.4 GHz. Nah pertanyaannya, bagaimana mungkin lebar pita 83.5 MHz bisa menampung 11 channel dengan lebar pita masing-masing channel sebesar 22 MHz? untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini :


channel

Berdasarkan gambar di atas channel yang overlapping bisa terjadi antara channel 1-2-3-4, atau contoh lain 5-6-7-8 dan masih banyak kemungkinan lainnya.
Lalu bagaimana agar channel yang dipilih tidak saling overlapping? Kembali lagi pada gambar di atas. Idealnya agar tidak terjadi overlapping antar channel dari 11 channel, maka bisa dipakai kombinasi : CH1 – CH6 – CH 11 (menggunakan 3 channel), dan kombinasi lain CH2 –CH7.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © NewBie Note - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -