Posted by : wiwin Tuesday 13 May 2014





Eh, udah lama juga ya ane nggak ngeblog. Kangen banget nih sama blog ane yang imut-imut ini T-T . Yaudah deh, kali ini ane sempetin posting 1 tutorial. Sesuai dengan judulnya, pertama yang harus agan siapin tentunya VMWare. Kenapa ane milih VMWare, ya kebetulan aja sih sebenernya. Hehee.. 

                Buat yang belom punya VMWare, silahkan didonlod dulu di sini  [DOWNLOAD HERE]
                Untuk membuat virtual LAN ini cukup mudah kalo bagi ane. Walaupun hanya virtual LAN tapi cara kerjanya hampir sama seperti LAN pada umumnya. Jadi OS yang ada di VMWare agan bisa terhubung lewat OS utama di laptop agan layaknya jaringan LAN. Dalam tutorial ini OS laptop ane Windows 7 dan OS di virtualbox ane adalah debian 5. Eiitzz.. tapi apapun OS agan caranya sama koq. Yang penting agan udah tau caranya setting IP di OS tersebut. :D
Nah, pertama pastiin dulu ya VMWarenya udah keinstall dan OS nya pun udah keinstall di VMWare agan :D
Buka Virtual Network Editor punyanya VMWare. Seperti ini :



Klik Add Network. Ini nantinya akan ditambahkan di Network Connection yang ada di control panel. Fungsinya sebagai LAN Card virtual.
Selanjutnya pilih nama virtual networknya. Pastiin yang belum ada di daftar ya.. Ane bikin yang VMnet3. Seperti ini :



Klik nama network yang udah dibikin tadi. Klik pada host only. Centang juga pada Connect a host virtual adapter to this network dan Use Local DHCP service to distribute IP address to VMs.



Nah, pada Subnet IP ketikkan alamat network yang ingin agan buat. Di sini karena ane bakal make IP kelas C aja, jadi alamat networknya ane set 192.168.4.0

Pada Subnet mask isikan subnet mask dari IP tersebut. Seperti contoh di atas.
Udah kan gan? Klik Ok ya…
Untuk melihat hasilnya agan bisa ke Control Panel. Agan bisa liat pada Network Connection seperti ini :



Terlihat Virtual network yang udah kita buat tadi.
Sekarang kita ngapain? Yapz, waktunya setting IP untuk kedua OS ini (OS utama dan OS di VMWare). Pertama ane mau setting IP di VMWare dlu. Yukz capcus ke VMWare.
Klik OS yang mau agan pake. Ane pilih Debian 5 kesayangan ane. Lalu klik Edit Virtual Machine Setting. Seperti ini :



Di sini kita pilih dulu mau make virtual network yang mana. Nah, klik Network Adapter. Lihat pada bagian kanan, pilih Custom. Pilih virtual network yang udah kita buat tadi. Tadi kan ane buat VMnet3 jadi ane pilih itu. Seperti ini :



Sekarang mulai booting ke OS VMWare nya dan silahkan setting IP nya. Pastiin sesuai dengan subnet IP nya ya…
Contoh ane setting di debian 5 kesayangan ane. Seperti ini :



Ane berikan IP 192.168.4.1 sesuai dengan subnet IP 192.168.4.0 kan?
Selanjutnya setting IP di OS utama. Nah yang disetting adalah di bagian virtual network yang dipergunakan. Seperti ini :



Setting IP nya! Inget ya.. harus satu subnet. Contohnya seperti ini :



Nah mari kita ping.

ping dari Windows

ping dari Debian


Kalo ping nya nggak bisa. Mungkin firewall di Windows agan belom dimatiin.

~Selamat Mencoba~




Kalo masih bingung atau agan pengen tanya-tanya, silahkan tinggalkan komentar.  

{ 3 comments... read them below or Comment }

- Copyright © NewBie Note - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -