Posted by : wiwin Wednesday 1 January 2014



Setelah lama bertapa, akhirnya ngeblog lagi nih.. entah kenapa ya belakangan ini sering banget posting tentang Linux. Mungkin gegara itu satu-satunya benda yang nemenin pas musim liburan begini nih.. heheee.. 

            Okey guys, kali ini ane bakal ngebahas tentang perintah top di Linux. Apa itu top? Mungkin yang belum tau top itu apa,, top itu adalah sejenis makanan temennya beng-beng. Yang sering dijual di warung-warung itu loh… *ehh salah. Do you know what I mean?  :D
            Jadi gini, top itu adalah perintah di Linux yang digunakan untuk mengecek proses-proses yang sedang berjalan. Misalkan nih temen-temen ngebuka Libre Office, firefox, atau aplikasi lainnya di Linux. Nah untuk mengecek di urutan mana ia berjalan dan sedang apakah proses itu sekarang *ehh digunakanlah perintah top. Sebenarnya ada perintah lain nih yang juga digunakan untuk mengecek proses yang sedang berjalan, yaitu perintah ps. Cuman kalo perintah ps hanya menampilkan proses dalam sekali waktu. Nah berikut contoh penggunaan perintah ps:


            Nah gitu guys, selain itu hanya sedikit proses yang bisa ditampilkan dengan perintah ps ini. Berbeda halnya dengan perintah top. Nah ini contoh penggunaan perintah top. Untuk menggunakan perintah ini bisa langsung ketikan top di terminal Linux ya guys. Jangan di terminal tempat pemberhentian bus itu yak *ehh.


            Jadi perbedaan dari kedua perintah ini ialah kalo perintah ps hanya menampilkan proses dalam sekali waktu nah, kalo perintah top dapat me-refresh tampilan proses-proses yang sedang berjalan, dalam kurun waktu tertentu. Selain itu perintah top juga dapat menampilkan lebih banyak proses yang sedang berjalan, termasuk proses-proses yang tidak keliatan.
            Berikut beberapa RTFM (Read The Funny Manual) *ehh yang dapat ane rangkum :

Menampilkan hanya beberapa proses yang berjalan:
            Kalo sekali mengetikan perintah top, kan banyak tuh proses yang ditampilkan. Nah, bagaimana kalo kita hanya menginginkan beberapa proses saja yang ditampilkan? Ada dua cara nih yang dapat dipakai, pertama dengan menekan n (keyboard). Kedua dengan menekan #  (keyboard) pada saat saat top sedang berjalan. Berikut contohnya, setelah menekan n atau # (gunakan salah satu) :


            Ketikan jumlah proses yang ingin ditampilkan kemudian tekan enter. Misalkan di sana ane hanya ingin 7 proses yang berjalan, maka ketikan 7 lalu enter. Dan ini hasilnya :


            Apakah sudah sesuai dengan jumlah yang kalian inginkan? Kalo belum, silahkan coba lagi. Mugkin anda belum beruntung *ehh.


Merubah refresh rate:
            Kalo di Debian ane nih, secara default refresh rate nya 3 detik. Refresh rate itu kurun waktu yang dilakukan untuk me-refresh tampilan proses-proses yang berjalan. Jika ingin mengubahnya, lebih cepet ataupun lebih lama, tekan d (keyboard) atau s (keyboard).


            Isikan jumlah (satuan detik), lalu enter. Dan lihat perubahannya!


Refresh rate sewaktu-waktu:
            Nah, gimana kalo kita ingin me-refresh tampilan sewaktu-waktu saja? Tidak berdasarkan rate tertentu. Tinggal tekan spasi atau enter pada keyboard. Mending langsung dipraktekan biar tau perbedaannya. Intinya tampilan akan otomatis di-refresh setelah menekan spasi atau enter.


Menampilkan proses berdasarkan user :
            Untuk menampilkan proses berdasarkan urutan user, bisa dilakukan dengan menekan F (keyboard). Inget harus F gede! Kurang lebih tampilannya seperti berikut :


Lalu tekan e (keyboard), dan tekan enter.


Mengubah NI (Nice Value) suatu PID:
            Huft.. capek juga ngetik dari pagi. Peregangan dulu bentar ahh… *ehh maaf curhat. Kalo hujan-hujan begini jadi semangat ngetik. Kebetulan sih lagi hujan *ehh maaf curhat lagi. Ok.Ok ane lanjutin. Heheee…
            Kalo belum tau apa itu NI, ane juga belum tau apa itu NI *ehh. Coba perhatikan di antara proses-proses itu ada tulisannya NI. Tulisannya gede lho gan, kelewatan kalo sampe nggak liat.


            Itu udah ane buletin warna merah. Nah, NI atau Nice Value adalah suatu nilai yang menunjukan prioritas suatu proses. Prioritas suatu proses gan *koq mendadak jadi keinget matkul Sistem Operasi yak. Semakin kecil nilai NI berarti proses itu semakin diprioritaskan. Untuk mengganti nilai NI suatu PID tekan r (keyboard).
            Sebelumnya tentukan dulu, PID proses yang ingin diubah NI nya. Contohnya di sini ane ingin ngubah PID proses Iceweasel (semacam firefox versi Linux) yang berada di PID 1879. Kebetulan waktu itu Iceweasel ane sedang berjalan. Maka ketikkan 1879. Inget ya gan, masing-masing proses memiliki PID yang berbeda, dan berubah tiap kali restart sistem. Perhatikan gambar berikut biar lebih jelas :


            Lihat yang ane buletin trus yang ane garis bawahin. Nilai PID nya harus sama ya gan. Biar nggak salah ngubah ntar. Setelah ngetikin PID nya, tekan enter. Kemudian masukkan value-nya. Value ini menunjukan diprioritas keberapa ia berada (seperti yang ane jelaskan tadi). Lalu tekan enter.


Lalu lihat hasilnya, nilai NI udah berubah :


Eitzz… kalo misalkan nih kalian kepengen ngubah NI nya jadi lebih kecil jangan heran kalo misalkan terjadi error Permission denied seperti ini :


Penyebabnya adalah karena kita belom masuk sebagai root atau superuser. Cuma root yang bisa memperkecil serta memperbesar nilai NI nya. Sedangkan untuk user biasa hanya dapat memperbesar nilai NI-nya saja. Nah, untuk itu pastiin dulu sebelumnya kalian masuk sebagai root dengan ngetikin su atau sudo su. Do you know what I mean? :D


Menghentikan suatu proses yang berjalan:
          Berhubung hujan tadi pagi udah reda nih dan ane masih ngelanjutin tulisan ini. Tapi bentar, ane neguk air dulu *maaf curhat. :D
            Untuk menghentikan proses yang berjalan digunakan perintah kill. Tapi kayaknya perintah ini akan lebih greget kalo ditulis dalam postingan yang terpisah. Soalnya rada banyak sih yang musti kita bahas tentang si kill *ehh. Nanti ane tulis dalam postingan berikutnya. Tapi ane share sedikit nih, tentang bagaimana kita menghentikan proses yang berjalan dalam perintah top.
            Ini cara gampang yang tidak sengaja ane temuin. Moga berhasil juga di Linux kalian *dicoba aja dulu. Pertama tekan tombol k (keyboard). Kemudian masukkan PID proses yang ingin kalian hentikan. Contohnya di sini ane bakal kill Iceweasel tadi.

           

            Muncul pesan seperti berikut. Ketikan y, kemudian enter. Dan.. *jeng-jeng. Iceweasel ane tadi mendadak exit sendiri *ya iyalah udah di kill sih.


           


Oke sekian dulu RTFM (Read The Funny Manual) dari ane *maaf diplesetin. Makasi udah mampir ke blog ane dan udah dengerin baca lebih tepatnya curhatan ane. 
Arigatou :D

{ 1 comments... read them below or add one }

- Copyright © NewBie Note - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -