Posted by : wiwin Monday 2 July 2012


 
Sejarah Ubuntu


Istilah Ubuntu berasal dari bahasa Afrika, yang berarti "Kemanusiaan Untuk Sesama". Sistem operasi Ubuntu dikembangan oleh sebuah komunitas yang disponsori oleh Canonical Ltd. milik seorang pengusaha Afrika Selatan, Mark Shuttleworth. Jika anda pernah mendengar Debian, salah satu jenis Linux terdahulu, maka Ubuntu merupakan turunan dari Debian. Oleh karena itu, bagi yang pernah menggunakan Linux Debian akan merasa familiar ketika beradaptasi dengan sistem operasi Ubuntu.

Canonical meluncurkan versi terbaru dari Ubuntu setiap 6 bulan sekali. Kategori versi Ubuntu dilakukan dengan penulisan nomor seri berdasarkan tahun dan bulan peluncuran versi. Sebagai contoh, Ubuntu pertama Warty Warthog disebut Ubuntu 4.10 karena diluncurkan pada bulan Oktober 2004, Ubuntu Hardy Heron disebut Ubuntu 8.04 karena diluncurkan pada bulan April 2008, Ubuntu Lucid Linx disebut Ubuntu 10.4 karena diluncurkan pada bulan April 2010. 




Perkembangan Ubuntu

Salah satu misi Ubuntu adalah menjadi sistem operasi Ubuntu yang paling stabil, dapat digunakan semua kalangan pengguna, dan terfokus pada kegunaan dan kemudahan instalasi. Komunitas yang menciptakan Ubuntu sekarang dan akan selalu gratis dalam pendistribusiannya. Pengguna tidak perlu membayar biaya lisensinya serta dapat mengunduh atau mendownload dan membagi Ubuntu dengan bebas.

Untuk memastikan pengguna setia Ubuntu mendapatkan segala kebutuhan yang up to date, maka komunitas Ubuntu menyediakan layanan update untuk setiap aplikasinya. Ubuntu juga menjamin keamanan pengguna dengan menyediakan fasilitas security update secara berkalaselama minimal 18 tahun. Selain itu, Ubuntu juga melakukan peluncuran seri terbaru Ubuntu setiap 6 bulan sekali.

Ubuntu menyediakan beragam aplikasi standard ubuntu bekerja dalam CD instalasinya sehingga dapat langsung digunakan setelah proses instalasi selesai. Namun demikian, apabila kerja Anda membutuhkan aplikasi yang belum terinstal di dalamnya, maka Anda dapat mendownloadnya melalui internet, baik yang telah disediakan oleh komunitas Ubuntu maupun komunitas lain.

Komunitas Ubuntu bekerja keras agar Ubuntu yang sudah terinstal dapat berfungsi dengan baik tanpa perlu merepotkan pengguna, meskipun banyak pengguna perlu berupaya keras menggunakan berbagai cara untuk membuat komputernya berfungsi secara maksimal. Hasil kerja keras penggagas Ubuntu kini perlahan mulai dapat terlihat ketika kini sistem operasi Ubuntu merupakan salah satu jenis Linux yang paling sering digunakan.


{ 3 comments... read them below or Comment }

- Copyright © NewBie Note - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -